Selamat datang di blog kami...,silahkan lihat-lihat dan jangan lupa tinggalkan sepatah dua patah kata ya....Semoga bisa memberi inspirasi.

Minggu, 06 Maret 2011

Prembule...

Kita preview sedikit mengenai apa yang di bahas di mata kuliah selasa kemarin. Buat yang kemarin pada absen keep reading ya?


Karena masih nuansa pertemuan pertama, kuliah MP kemarin masih intermezzo saja...baru awalan. Di perkuliahan ini kita dikenalkan dengan istilah Metodologi Penelitian. Apakah itu?, dari segi istilah sudah jelas kalo "Metodologi" berasal dari kata metode yang artinya cara, prosedur dan teknik *sepengetahuan saya*. Lalu "Penelitian" adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk menghasilkan suatu kebenaran.


Sebenarnya masih ada sedikit catatan mengenai MP dalam pandangan dosen kita, tapi dasar sayanya yang ndablek jadi nggak ketulis. Insya Allah ntar tak posting, tapi satu hal  yang saya benar-benar ingat yaitu "Penelitian Rahmatann lil 'alamin". Penelitian ini digadang-gadang harus dimiliki khususnya oleh mahasiswa STAIN dan masyarakat luas pada umumnya. Hal ini bertujuan untuk mencipatakan suatu hasil yang tidak hanya menguntungkan para peneliti saja dan saya garis bawahi tidak hanya pada peneliti saja tetapi untuk objek peneliti dan khalayak umum pada akhirnya.


Tapi sebenarnya apa sih Penelitian Rahmatan lil 'alamin?.
Mari kita longok terlebih dahulu definisi dari rahmatan lil 'alamin, bisa diartikan kalau rahmatan lil 'alamin adalah membawa kesejahteraan dan kebahagiaan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain tanpa ada perbedaan SARA. "Rahmat untuk semesta alam" itu dia artinya.
So...penelitian ini diharapkan bisa bertujuan bukan hanya untuk mematenkan apa yang diteliti oleh peneliti saja ataupun prestige belaka, tetapi ada manfaat yang dapat mengubah hidup suatu masyarakat menjadi lebih baik dan masyarakat tidak hanya menjadi sebuah objek penelitian yang habis manis sepah dibuang dan tak berbekas saja.
Bagaimana guys siap menjadi para pejuang "penelitian rahmatan lil 'alamin"?




Nb:
Cukup sekian dan terima kasih mian...kalau ada yang tidak sesuai, masih belum jago ulis menulis. Postingan pertama masih jauh dari sempurna, jadi saya tunggu komentarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar